Berternak Ayam Petelur agar mendapatkan Telur Ayam Murah | Distributor Telur Jakarta, Supplier Telur di Jakarta, Bisnis Telur Online, Agen Telur Ayam

Slider Background

Berternak Ayam Petelur agar mendapatkan Telur Ayam Murah

Jumat, 26 Januari 2018

Berternak Ayam Petelur agar mendapatkan Telur Ayam Murah

Telur adalah salah satu makanan yang mempunyai banyak kandungan protein di dalamnya. Mengkonsumsi telur setiap hari, berarti kebutuhan protein dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Sebenarnya telur juga menjadi makanan andalan serta makanan yang disukai banyak orang karena bisa diperoleh dengan mudah. Harga telur pun lebih terjangkau jika kita membandingkannya dengan daging ayam. Meskipun harga telur ayam murah, rasanya tidak kalah enak dengan makanan yang lain.
Biasanya, telur adalah lauk pauk saat pagi hari karena bisa disajikan dengan cepat dan mudah sehingga cocok sebagai lauk sebelum berangkat kerja atau berangkat sekolah. Tetapi harus diketahui, ternyata negara kita adalah penghasil telur lebih rendah dibanding negara lain. hal ini membuat peluang usaha menjadi penjual telur bahkan agen telur ayam murah akan terbuka lebih lebar.
Bila Anda ingin membuka usaha ini serta mencari tahu cara melakukan ternak ayam agar lebih sukses, sangat mudah untuk dipelajari. Peluang ternak ayam ini mempunyai peluang yang besar dan dapat menjadi pekerjaan sampingan atau pekerjaan pokok. Bagi Anda yang ingin menjadikannya sebagai pekerjaan pokok, Anda bisa memperoleh keuntungan dari telurnya.
Langkah awal beternak ayam petelur
Agar bisa terjun di usaha ini, kita harus mengetahui cara beternak agar lekas bertelur serta produktif, sehingga keuntungan yang bisa diperoleh lebih menjanjikan. Langkah awal yang perlu disiapkan adalah dana. Anda harus menghitung besaran dana yang harus disiapkan.
Berikut beberapa modal dana yang harus disiapkan jika ingin usaha jual telur ayam dengan beternak, seperti:
Kandang ayam
Kandang ayam adalah hal yang utama dan harus diperhatikan. Kandang ayam membutuhkan modal yang cukup besar. Kurang lebih Anda memerlukan modal sebesar Rep 8 jutaan untuk memperoleh kandang ayam yang nyaman dan layak. Solusi agar uang yang dikeluarkan lebih hemat adalah menggunakan bambu.
Bibit ayam
Hal wajib yang harus diketahui ialah bibit ayam. Paling tidak kita memerlukan 300 bibit ayam sedangkan untuk harga yang harus mulai disiapkan sebesar Rp 6 jutaan. harga bibit ayam tergantung dari ukuran bibit, kualitas dan banyaknya Anda melakukan pembelian bibit.
Pakan ayam
Hal lain yang harus disiapkan adalah pakan ayam. Terdapat beberapa jenis pakan yang harus diketahui. Untuk pakan berkualitas bisa seperti jagung, bekatul dan konsentrat. Jenis makanan ini bisa dicampur dengan rata. Biaya pakan bisa mencapai Rp 2 jutaan.
Biaya lainSelain biaya-biaya di atas, kita juga harus menyiapkan biaya tak terduga. Anda harus menyiapkan uang untuk biaya lain seperti biaya tenaga kerja atau biaya antisipasi yang lainnya. Belum lagi untuk listrik kandang ayam. Jadi jual telur ayam murah juga harus memikirkan biaya lain.
Sebetulnya bukan hanya persiapan dana, tetapi pengetahuan mengenai ternak ayam atau cara berternak harus dimiliki. Kita harus tahu bila ayam petelur terbagi menjadi 2, yakni ayam petelur dengan jenis ringan dengan warna sama-sama putih, telur ayam murah ini mempunyai kemampuan produksi telur yang mencapai 250-an butir per tahun.
Sayangnya, ayam ini mempunyai kelemahan seperti tingkat sensitiv pada keributan serta cuaca panas yang cukup tinggi. Bila hal ini enganggunya, produksi telur bisa mengalami penurunan.
Jenis ayam yang lainnya adalah jenis medium. Jenis medium adalah jenis ayam yang mempunyai warna cokelat. Harus diketahui jika ayam jenis ini mempunyai tingkat produksi yang lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis pertama. Untuk harganya, harga telur jenis medium sedikit lebih tinggi dengan ukuran yang cukup besar dan mempunyai warna putih.
Bila yakin melakoni usaha jual telur ayam online atau pun offline, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti:
1. Rumah ayam petelur harus berada di lokasi yang cukup jauh dengan pemukiman warga. Mengapa harus demikian? Karena bau kotoran ayam begitu menyengat sehingga bisa menganggu warga sekitar. Bukan hanya itu, kebisingan di lingkungan sekitar ayam juga bisa menyebabkan ayam stress dan produksi telur semakin turun.
2. Buat kandang yang bisa dilalui kendaraan. ketika distribusi, pasti Anda menggunakan kendaraan bukan? Usaha memilih area kandang ayam yang bisa dilewati oleh kendaraan. jangan sampai nantinya akan merepotkan Anda ketika proses pengangkutan ayam.
Hindari merubah-ubah posisi kandang. Selain untuk memperluas kandang, hindari merubah posisi dari kandang.
Tips beternak ayam petelur
Kesuksesan dari bisnis jual telur ayam offline atau pun onlien ini tidak lain mempunyai faktor mempengaruhi. Bila Anda ingin sukses dalam mengembangkan usaha ini, ada beberapa tips yang bisa diikuti, seperti:
Lakukan pencegahan penyakit
Harus diketahui jika penyakit bisa menyerang ayam. Penyakit ini cukup mematikan dan bisa membuat usaha ayam petelur menjadi bangkrut. Agar bisa menghindarinya, lakukan pencegahan penyakit dengan melakukan vaksinasi secara teratur.
Memperkerjakan karyawan
Agar hasil yang di dapatkan bisa maksimal, usahakan memperkerjakan karyawan. Pilih karyawan yang handal dan bisa bekerja dengan baik.

Bekerjasama dengan supplier makanan
Lakukan persiapan untuk bekerjasama dengan supplier pakan ayam, kerjasama ini dilakukan agar mereka bisa menyuplai pakan ayam tepat waktu dan dengan harga yang lebih terjangkau tentunya. Dibandingkan dengan membeli sendiri, akan menghabiskan waktu Anda yang seharusnya bisa digunakan untuk merawat ayam-ayam.
Targetkan konsumen
Kita harus mempunyai perencanaan yang baik mengenai konsumen ini. perencanaan yang matang bisa membantu usaha agar lebih sukses. Pilih tingkat konsumen paling atas, tengah dan bawah. Bila perlu, jual telur di minimarket atau swalayan. Demikian tips jual telur ayam murah.

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar