Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Efek Samping Putih Telur | Distributor Telur Jakarta, Supplier Telur di Jakarta, Bisnis Telur Online, Agen Telur Ayam

Slider Background

Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Efek Samping Putih Telur

Senin, 15 Januari 2018

Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Efek Samping Putih Telur

Kandungan putih telur ayam ternyata sedikit berbeda dengan yang terdapat pada kuning telur. banyak masyarakat yang menganggap putih telur merupakan bagian dari telur yang kurang penting. Anggapan ini membuat banyak yang menyisihkan putih telur dan mengkonsumsi kuning telur saja. Padahal sebenarnya, putih telur juga sama dengan kuning telur yang mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Jika kuning telur mengandung koleseterol, putih telur justru tidak mengandung kolesterol sama sekali. Bahkan kandungan protein yang terdapat di dalam putih telur juga lebih tinggi. Putih telur dapat diaplikasikan pada beberapa jenis makanan antara lain salad, omelet putih telur dan sandwich.

Apa Saja Kandungan Putih Telur Ayam
Telur adalah jenis lauk yang banyak difavoritkan oleh masyarakat dibandingkan dengan daging atau ikan. Harganya pun jauh lebih terjangkau dibanding daging. Nyang menarik dan menjadi nilai plus telur, walau harganya lebih terjangkau, kandungan nutrisinya sangat banyak dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Tak hanya pada bagian kuning telur namun bagian putih telurnya pula. Bahkan kandungan putih telur untuk wajah juga sangat baik. Itulah sebabnya salah satu khasiat putih telur adalah digunakan sebagai masker. Namun ulasan mengenai manfaat yang satu ini dapat diulas secara detail pada penjelasan berikutnya.
Pada ulasan ini hanya akan membahas tentang kandungan nutrisi telur yang terdapat pada putih telur. Daftar kandungan nutrisi pada putih telur yang banyak tak diketahui oleh masyarakat antara lain protein yang tinggi, beberapa macam vitamin B seperti folat, B12, kolin serta niasin. Putih telur juga mengandung zat berguna lainnya seperti kalium, tembaga, seng, fosfor, magnesium, kalisum serta zat besi yang tergolong pada nutrisi mineral kebutuhan tubuh. Dari sekian kandungan putih telur ayam tersebut, manfaat putih telur juga sangat beragam.
Beberapa Manfaat Putih Telur
Setelah mengetahui beragam nutrisi yang terkandung di dalam putih telur yang ternyata tak kalah lengkap dibanding kuning telur, kini saatnya untuk mengetahui manfaat putih telur bagi kesehatan. Putih telur yang banyak disisihkan oleh masyarakat justru dapat memberikan manfaat lebih dalam menjaga kesehatan dan menutrisi tubuh melalui kandungan putih telur dan kuning telur. Berikut ini adalah daftar manfaat putih telur bagi kesehatan.
-          Meningkatkan kesehatan mata
Manfaat putih telur yang pertama adalah meningkatkan kesehatan mata. Kandungan nutrisi secara akumulatif atau keseluruhan di dalam putih telur mampu menjaga kesehatan mata dai berbagai penyakit seperti katarak hingga kebutaan. Yang terpenting adalah cara pengolahan putih telur yang tepat sehingga nutrisi di dalamnya tak banyak rusak karena campuran bahan makanan yang tidak tepat. Bahkan mengkonsumsi putih telur juga mampu membangun kekuatan otot dan tulang. Tak heran jika banyak binaragawan yang rutin mengkonsumsi putih telur setiap harinya.
-          Meningkatkan sistem imun
Tidak hanya dapat menjaga kesehatan mata, melalui kandungan putih telur ayam, putih telur juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Seluruh nutrisi yang terdapat pada putih telur akan bekerja secara maksimal ntuk dicerna oleh tubuh dan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. sehingga tubuh tak mudah terserang berbagai virus, bakteri dan penyakit.
-          Mencegah penyakit jantung
Telur memang mengandung kolesterol namun kolesterol yang terdapat di dalamnya ialah kolesterol baik. Tak usah cemas karena kolesterol baik tersebut hanya terkandung di dalam kuning telur saja. Putih telur mengandung 0 kolesterol alias terbebas dari kolesterol. Justru putih telur mengandung protein yang lebih tinggi daripada kuning telur. Jadi, mengkonsumsi putih telur justru dapat mencegah resiko penyakit jantung.
-          Meningkatkan tumbuh kembang janin pada ibu hamil
Kandungan putih telur  yang tinggi serta beberapa mutrisi lain seperti riboflavin, selenium dan vitamin yang terdiri dari berbagai macam sangat berdampak baik bagi kesehatan. Apalagi kandungan folatnya yang amat baik bagi kehamilan karena dapat meningkatkan perkembangan otak janin. Kolin yang terdapat di dalamnya juga mampu mengoptimalkan pertumbuhan jaringan sel yang sehat pada janin.
-          Mendukung program penurunan berat badan
Tingginya kandunga protein di dalam putih telur juga membuatnya menjadi asupan nutrisi yang tepat bagi orang yang sednag melakukan diet. Pada saat menjalankan program penruunan berat badan, protein dapat digunakan sebagai asupan pengganti karbohidrat yang tidak menyebabkan tinbunan kalori penyebab berat badan berlebih.
-          Membersihkan dan mencerahkan wajah
Tak hanya dapat dikonsumsi, putih telur juga dapat diaplikasikan sebagai masker untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Kandungan putih telur ayam yang sangat beragam sangat dipercaya dapat mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam bekas jerawat serta dapat membuat kulit lebih elastis dan kenyal.
Kumpulan Efek Samping Putih Telur
Tak hanya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan saja, putih telur juga memberikan beberapa efek samping yang dapat terjadi ketika dikonsumsi secara berlebihan atau dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat. Efek samping yang dimiliki putih telur jauh lebih sedikit dibanding manfaat putih telur yang telah dijelaskan di atas. Berikut ini adalah efek samping putih telur.
-          Kandungan natrium tinggi
Putih telur mengandung zat natrium yang tinggi yakni mencapai 403 mg. Oleh karenanya, bagi orang yang membatasi asupan sodium dan hendak berdiet menggunakan putih telur, haruslah berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Hal ini dikarenakan kandungan natrium yang tinggi berdapak sangat tidak baik karena dapat memicu hipertensi.
-          Menyebabkan alergi
Putih telur juga dapat menimbulkan alergi karena kandungan proteinnya yang tinggi. Alergi terhadap putih telur dapat terjadi pada balita hingga orang tua. Reaksi alergi yang disebabkan oleh putih telur biasanya muncul hanya berselang beberapa menit atau jam setelah mengkonsumsinya. Beberapa jenis alergi yang ditimbulkan oleh putih telur bagi yang tidak dapat memperoleh asupan protein tinggi antara lain sesak napas, gatal-gatal, pembengkakan pada mulut serta saluran udara hinga kehilangan kesadaran.
Setelah mengetahui ulasan lengkap mengenai kandungan nutrisi, manfaat dan efek samping konsumsi putih telur, pasti banyak dari Anda yang mulai mempertimbangkan takaran konsumsi putih telur yang tepat. Kandungan putih telur ayam yang tak kalah tinggi dibanding kuning telur dapat membuat masyarakat saat ini banyak yang menjadikan telur menjadi lauk favorit. 

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar