Kumpulan strategi jual telur ayam negeri | Distributor Telur Jakarta, Supplier Telur di Jakarta, Bisnis Telur Online, Agen Telur Ayam

Slider Background

Kumpulan strategi jual telur ayam negeri

Jumat, 26 Januari 2018

Kumpulan strategi jual telur ayam negeri

Strategi jual telur sebaiknya harus benar-benar dikuasai ketika memutuskan untuk berbisnis sumber protein yang satu ini. Dapat dipastikan bahwa semua masyarakat Indonesia bahkan dunia sudah tak asing lagi dengan keberadaan telur ayam negeri. Telur ayam negeri sangat mudah diperoleh dan menjadi lauk pilihan bagi masyarakat di berbagai kalangan. Hampir setiap kita pasti memiliki stok telur di rumah karena sifat fleksibelnya yakni mudah diolah menjadi berbagai hidangan.
Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalam telur ayam ras juga sangat lengkap dan melimpah. Telur juga dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding daging atau ikan. Bahkan kemampuan bertahannya di dalam suhu ruang jauh lebih tahan lama dibanding daging dan ikan. Hal ini dikarenakan telur memiliki cangkang yang melindungi isi telur.
Kumpulan strategi jual telur ayam negeri
Terdapat beberapa jenis bisnis telur yang dapat dijalankan dan saat ini banyak dipraktekkan oleh masyarakat. Jenis bisnis dalam dunia telur ialah dari mulai beternak, menjadi distributor hingga menjadi penjual yang berkomomunikasi langsung oleh konsumen.
Bisnis telur memiliki prospek yang cerah apabila dilakukan dengan strategi jual telur yang tepat. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya permintaan masyarakat akan telur setiap harinya. Bukan hanya untuk dikonsumsi, telur juga banyak dibutuhkan oleh industri makanan sebagai salah satu komposisi. Berikut beberapa strategi penjualan yang dapat dilakukan:
  1. Mempromosikan telur ke kios perumahan
Strategi yang pertama dalam memasarkan produk telur adalah dengan mempromosikannya ke kios-kios perumahan. Kios atau toko kelontong yang terdapat di dekat pemukiman warga adalah sasaran pasar yang sangat tepat. Permintaan telur pada kios tersebut pasti tinggi karena telur adalah salah satu bahan sembako yang tergolong sangat intens diperlukan.
Jangan ragu untuk mendatangi secara langsung kios-kios atau toko tersebut dan berikan penawaran. Cara promosi telur ayam yang dapat dilakukan adalah dengan membawa sample produk telur ayam dan biarkan pemilik kios atau toko mengamatinya. Agar semakin menarik, berikan harga yang lebih terjangkau dari produsen atau peternak telur ayam lain. Meski begitu, tetap perhitungkan keuntungannya.
Maksud dari pemberian harga yang lebih terjangkau ialah memperoleh konsumen yang lebih banyak lagi. Meskipun keuntungan yang diperoleh lebih sedikit, namun perputaran telur yang lancar akan membuat bisnis semakin berkembang. Selisih harga sedikit saja, pasti akan menjadi bahan bertimbangan yang berarti bagi konsumen telur dengan alasan mereka dapat mendapat keuntungan yang lebih besar lagi.
  1. Melakukan pemasaran ke pedagang pasar tradisional
Selain ke toko atau kios perumahan, pasar tradisional juga merupakan sasaran pasar yang tidak kalah recommended. Pasar tradisional adalah salah satu tujuan pembelian konsumen yang membutuhkan berbagai bahan sembako dan kebutuhan sehari-hari. Resiko dari penjualan ke pedagang di pasar tradisional adalah harganya yang cenderung lebih terjangkau. Namun hal tersebut seharusnya tak jadi masalah karena pedagang tersebut akan membeli telur dengan jumlah banyak dan konstan.
Strategi jual telur yang satu ini tak menjadi masalah jika perputaran telur ayam negeri berjalan dengan baik. Beberapa keunggulan yang membuat harga jual telur ke pedagang pasar tradisional menjadi lebih terjangkau antara lain sebagai berikut:
  • Pedagang di pasar tradisional telah memiliki langganan tetap.
  • Pedagang pasar tradisional ingin memperoleh harga yang lebih terjangkau
  1. Memasarkan telur secara online bergabung dalam organisasi
Kemajuan teknologi saat ini sangatlah pesat. Salah satu bukti bahwa masyarakat dunia telah berada di jaman global modern adalah penggunaan jaringan internet. Saat ini berbagai macam hal dapat dilakukan melalui media online. Termasuk memasarkan telur ayam negeri secara online.
Pemasaran secara online justru dinilai sangat efektif karena dapat diakses oleh semua orang bahkan hingga luar negeri tanpa batas. Cara menjual telur ayam negeri secara online dapat dilakukan melalui website tersendiri atau melalui media sosial yang hampir dimiliki oleh setiap individu di dunia. Lakukan penawaran yang menarik dan disertai dengan penjelasan nilai positif telur serta gambar-gambar produk yang dapat menarik hati masyarakat.
  1. Membuat produk olahan telur ayam negeri
Selain menjualnya dalam bentuk mentah dengan ukuran kilogram, Anda juga dapat melakukan inovasi dengan memproduksi olahan telur yang inovatif. Produk olahan makanan dari telur yang kreatif dan inovatif dan tentunya memiliki cita rasa nikmat akan mudah menyasar pasar. Jangan lupa untuk menyajikan olahan yang dapat tahan lama dengan pengemasan yang menarik hati. Yang paling penting dalam menjalankan usaha industri olahan makanan adalah kualitas bahan baku, kualitas produk serta pengemasan yang menarik.
  1. Menjalin hubungan kemitraan
Untuk dapat semakin mengembangkan bisnis ternak telur ayam negeri, Anda dapat mengawalinya dengan menjalin hubungan kemitraan dengan beberapa pihak yang berkompeten. Langkah ini dapat dijadikan strategi menjual telur ayam yang efektif karena relasi timbal balik yang dijalin. Misalnya saja Anda menjalin relasi dengan perusahaan penyuplai bibit ayam, pakan dan vaksinasi. Jadi, nantinya Anda hanya tinggal menyediakan kandang dan tenaga untuk menjalankan bisnis ternak. Untuk memperoleh relasi ini tentu diperlukan MoU.
  1. Memasarkan ke swalayan atau mini market
Strategi pemasaran telur ayam yang terakhir adalah mempromosikan telur ke swalayan atau minimarket. Yang perlu diperhatikan jika hendak menembus pasar swalayan adalah kualitas, kebersihan dan pengemasan telur. Berikan telur yang memang masih fresh, cangkangnya bersih dan dengan ukuran yang setara. Akan lebih menarik lagi jika telur dikemas dalam kemasan yang menarik dan pastinya aman dari kemungkinan keretakan telur.
Yang terpenting dalam proses pemasaran telur dengan mencanangkan beberapa strategi jual telur di atas adalah selalu menjaga kualitas. Kualitas di sini bukan hanya kualitas produk namun juga kualitas pelayanan. Selalu bangun komunikasi yang positif dan interaktif pada konsumen supaya mereka tak pindah ke peternak lainnya.

NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar