Peluang Usaha Telur Ayam | Distributor Telur Jakarta, Supplier Telur di Jakarta, Bisnis Telur Online, Agen Telur Ayam

Slider Background

Peluang Usaha Telur Ayam

Kamis, 25 Januari 2018

Peluang Usaha Telur Ayam

Peluang usaha telur ayam sebenarnya menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Hal ini disebabkan karena telur adalah lauk favorit serta populer masyarakat di seluruh kalangan Indonesia. Kebutuhan masyarakat mengenai telur ayam begitu tinggi karena telur menjadi sumber protein yang kaya akan kandungan nutrisi serta harga yang lebih terjangkau dibanding dengan daging. Telur ini juga lebih mudah serta fleksibel untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan.
Kita pasti sudah tahu jika telur ayam mempunyai banyak nutrisi kesehatan yang ada di dalamnya. Asupan gizi setiap hari sedikit banyak memerlukan protein hewani dan bisa diperoleh dari telur ini agar tetap memiliki kondisi yang prima. Bukan hanya itu telur banyak dibutuhkan untuk berbagai macam olahan contohnya membuat makananan, jajanan, kue dan yang lainnya. Banyak yang menggunakan telur untuk masker dan dapat menambah kecantikan, kesehatan kulit.

Tetapi, banyak mitos mengenai telur di luar sana yang tak tentu benar dan membuat ragu peluang usaha telur ayam. Padahal, telur ini sudah secara luas dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Hal ini banyak membuat orang ragu mengkonsumsinya. Berikut beberapa asumsi yang kurang tepat mengenai telur:
  • Setiap telur merupakan bayi ayam
Mungkin banyak orang yang beranggapan demikian, karena membandingkan telur dengan manusia yang sel telur digunakan untuk dibuahi serta menghasilkan keturunan. Tetapi hal ini beda dengan ayam. Peternak ayam petelur tidak meletakkan pejantan agar bisa bertelur. Karena, ayam betina bisa bertelur walaupun tidak dibuahi. Sebagian besar telur yang dibeli ialah telur yang tidak dibuahi.
  • Telur berwarna cokelat muncul dari ayam dengan warna cokelat
Hal ini tak salah namun juga tak benar telur yang sering dikonsumsi berwarna cokelat bisa datang dari ayam berwarna hitam atau pun berwarna putih. Hal yang berpengaruh atas warna telur bukan bulu ayam tetapi warna telinga. Ayam juga mempunyai telinga, warna ini merupakan cara termudah memprediksi warga dari telur. Seekor ayam yang memiliki telinga putih bisa menghasilkan telur warna putih, dan ayam dengan telinga merah akan mengeluarkan telur dengan warna cokelat.
  • Kuning telur kurang baik untuk kesehatan tubuh
Hal yang benar bila telur memiliki kandungan tinggi akan kolesterol dan lemak. Tetapi ilmuwan juga mengetahui jika memakan makanan yang memiliki kandungan kolesterol tidak selalu meningkatkan kolesterol di dalam darah dan tidak semua lemak adalah lemak jahat. Sebaliknya, kuning yang memiliki kadnungan banyak protein serta vitamin akan menjadi salah satu diet jantung nan sehat untuk banyak orang.
  • Ayam yang tinggal bukan di kandang merupakan ayam yang sehat dan bahagia
Sebetulnya, tidak pernah ada produk ayam yang dikonsumsi tanpa pengandangan. Sehingga, konsep seperto ayam tak dikandang merupakan konsep salah. Bahkan ayam kampung juga mempunyai kandang, tetapi lebih besar serta dijauhkan dari pemukiman penduduk.
  • Telur dengan warna putih jauh lebih baik bila dibandingkan dengan telur yang memiliki warna cokelat
Sebetulnya, warna telur yang diproduksi tidak memiliki hubungan dengan nutrisi di dalam. Dua hal yang bisa mempengaruhi kualitas telur ialah kesehatan ayam serta makanan sehari-hari yang dikonsumsi. Nutrisi setiap telur mungkin sama tetapi kualitas bisa terlihat dari warna kuning telur. Bila warnanya kuning, hal ini menandakan jika si ayam memakan ayam yang kurang sehat serta kurang memperoleh cahaya matahari. sedangkan bila telur mempuyai warna oranye, berarti memperoleh asupan nutrisi baik serta sinar matahari cukup walaupun harga telur ayam murah.
Semakin tinggi kebutuhan telur yang berada di Indonesia, hal ini membuat bisnis usaha jual telur ayam menjadi semakin marak, keuntungan dari usaha telur jika sudah berjalan dengan baik serta sukses begitu tinggi. Untuk pemula ada beberapa hal agar bisnis peluang usaha telur ayam akan berhasil serta semakin sukses, antara lain:
  1. Gunakan modal kecil terlebih dulu untuk peluang bisnis telur ayam ini
Untuk pemula yang meniti bisnis ini dari nol, lebih baik mempergunakan modal kecil terlebih dulu sembari belajar. Sesudah bisa mengelola serta menjalankan bisnis dengan baik, pengembangan bisnis baru bisa dilakukan. Bahkan, bila bisnis telah berjalan dengan baik, perkembangan datang bisa dengan sendirinya selain itu modal juga bisa bertambah sering dengan berjalannya waktu. Tinggal kita yang harus pandai untuk mengelola serta memaksimalkan pengembangan saja. Bisnis ini akan menguntungkan bila Anda mempunyai peternakan ayam dan mendapatkan konsumen.
  1. Analisa modal bisnis peluang usaha telur ayam
Memulai bisnis harus dipersiapkan dengan baik agar hasil yang di dapatkan pun maksimal. Tentukan tempat dan lahan peternakan ayam yang hendak digunakan. Akan lebih menguntungkan dan maksimal bila tinggal di kawasan pedesaan serta mempunyai lahan di kawasan pedesaan apalagi jauh dari pemukiman warga. Cara bisnis telur ayam serta lahan milik sendiri ta membuat Anda mengeluarkan biaya untuk sewa lahan. Anda hanya perlu menyiapkan modal pokok seperti membuat kandang, membeli ayam serta membeli pakan. Bila awal merintis usaha ini membeli 50 ekor ayam, perhitungan biayanya kurang lebih Rp 7 jutaan saja.
  1. Hasil dari peternakan
Bila dibandingkan dengan menjadi agen telur ayam, bisnis ini akan lebih menguntungkan. Akan banyak agen yang menjadi konsumen serta pembeliannya pun dalam jumlah yang cukup besar, bukan dalam jumlah ecer seperti distributor dan agen. Risikonya akan lebih sedikit. Bermodal Rp 7 juta, hasil yang di dapatkan dari ternak 50 ekor ayam bisa mendapatkan hingga 3 kg telur perhari dengan harga Rp 20 ribu per kg, dan hasilnya Rp 60 ribuan per hari. Demikian tips sukses peluang usaha telur ayam.

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar