Tips dan Cara Ternak Telur Ayam Negeri | Distributor Telur Jakarta, Supplier Telur di Jakarta, Bisnis Telur Online, Agen Telur Ayam

Slider Background

Tips dan Cara Ternak Telur Ayam Negeri

Rabu, 24 Januari 2018

Tips dan Cara Ternak Telur Ayam Negeri

Cara ternak telur ayam negeri menjadi salah satu informasi yang banyak diakses. Hal ini tentu berbanding lurus dengan pertumbuhan bisnis telur ayam khususnya bagi para peternak telur ayam negeri juga semakin tinggi. Berbisnis telur mampu memberikan prospek yang cerah apabila dikelola dengan maksimal. Sebagai lauk, telur ayam negeri memiliki kandungan nutrisi yang beragam dan menyehatkan. Telur juga merupakan salah satu kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat. Berbagai olahan dapat dihasilkan dari telur. inilah mengapa telur hingga saat ini tetap menjadi lauk pilhan dan favorit bagi kebanyakan keluarga. Selain dijadikan sebagai lauk atau hidangan pendamping nasi, telur juga merupakan salah bahan dasar pembuatan roti, kue atau jenis makanan ringan lainnya.
Kumpulan Tips dan Cara Ternak Telur Ayam Negeri
Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis telur juga memerlukan strategi tersendiri dalam memajukan bisnis. Berbagai jenis bisnis telur dapat dilakukan. beberapa jenis bisnis tersebut antara lain menjadi penjual telur, menjadi agen telur dan menjadi peternak telur. Apabila tersedia modal yang mencukupi, bisnis ternak telur ayam negeri adalh pilihan yang tepat. Untuk memperoleh hasil maksimal dalam berbisnis ternak ayam ras, berikut ini adalah cara ternak telur ayam negeriyang wajib diketahui untuk kemajuan bisnis.
1.      Menentukan lokasi kendang ayam
Cara yang sangat penting dan paling utama dilakukan untuk membangun bisnis ternak ayam ras adalah menentukan lokasi kandang dimana ayam akan diternak.pemiihan tempat atau lokasi kandang secara tepat akan berpengaruh positif terhadap perjalanan bisnis ternak telur itu sendiri. Kandang peternakan ayam petelur sebaiknya berada jauh dari pemukiman warga. Akan lebih baik jika kandang berada di area persawahan. Kandang ayam akan menghasilkan bau tidak sedap. Bau tersebut berasal dari kotoran ayam dana yam itu sendiri. Apabila dibangun di tengah area pemukiman warga. Sudah dapat dipastikan Anda akan memperoleh protes dari para warga. Terlebih kandang ayam umumnya dapat menyebabkan kemunculan lalat.
Jangan sia-siakan modal ternak ayam petelur dengan melakukan kesalahan dalam pemilihan lokasi atau tempat kandang peternakan. Area persawahan yang jauh dari pemukiman warga dan kebisingan juga akan berdampak baik bagi pertumbuhan dan perkmbangan ayam petelur sendiri. Ayam rasa tau ayam negeri mmeiliki karakteristik tidak dapat bertahan denga kebisingan. Ayam ini sangat sensitive dan mudah stress. Jika lokasinya di dekat pemukiman atau jalan raya, maka tentu saja kebisingan kendaraan atau hal lain tidak dapat dihindari. Jika ayam mengalami stress, produksi telur akan terganggu. Tentu Anda tidak mau merugi bukan?
2.      Memilih bibit ayam ras yang berkualitas
Cara ternak telur ayam negeri yang kedua juga tak kalah penting dari pemilihan lokasi kandang yang tepat. Ara kedua ini adalah memilih bibit ayam ras yang memiliki kualitas baik. Secara umum, terdapat dua jenis ayam negeri yang biasa diternak di Indonesia. Sebagai peternak pemula, pemilihan indukan ayam sangatlah penting. Jenis ayam petelur tersebut adalah ayam lehorn dana yam medium. Ayam lehorn adalah ayam petelur yang memiliki bulu berwarna putih dengan badan yang cenderung kurus. Sedangkan ayam medium merupakan ayam petelur dengan bulu berwarna coklat dan tubuh yang cenderung gemuk.
Jika berbicara masalah kualitas telur ayam yang dihasilkan, ayam lehorn lebih unggul karena kualitas telurnya lebih baik dibanding ayam medium. Namun jika berbicara tentang ketahanan hidup ayam, ayam medium jauh lebih bandel dibanding ayam lehorn. Ayam lehorn sangat mudah stress sedangkan ayam medium tidak. Jumlah telur yang dihasilkan ayam medium juga jauh lebih banyak dari ayam lehorn. Sebagai tips, pilihlah indukan ayam yang sudah berusia beberapa bulan. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu bersusah payah memberi vaksin pada ayam.
3.      Memberi pakan yang sehat dan berkualitas untuk ayam
Pakan bagi ayam juga harus diperhatikan dengan seksama. Ayam tidak dapat dibei pakan secara asal-asalan jika hendak memperoleh telur dalam jumlah banyak dan kualitas baik. Menentukan jenis pakan ini juga harus masuk ke dalam analisa usaha ayam petelurdan direncanakan secara matang. Beberapa jenis pakan yang baik untuk tumbuh kembang dan hasil telur antara lain sentrat, telung ikan atau jagung giling.
Supaya ayam mengalami pertumbuhan yang baik, sebaiknya lakukan variasi dalam memberikan pakan. Perhatikan pula kandungan asupan gizi yang terdapat pada pakan dan yang akan diperoleh ayam petelur. Intesitas pemberian pakan bagi ayam petelur adalah tiga kali sehari secara rutin. Porsinya juga harus pas, tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak. Selain pakan, ayam juga perlu disediakan minuman.
4.      Menjaga kebersihan kendang secara maksimal
Selain memberikan pakan yang tepat, cara beternak ayam petelur bagi pemula juga harus sangat memperhatikan kebersihan kandang ayam. Kebersihan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan ayam. Pembersihan kandang ayam petelur sebaiknya dilakukan dua kali sehari yakni pagi dan sore. Dengan demikian, ayam akan merasa nyaman dan produksi telur akan melimpah. Kandang juga tidak akan menghasilkan bau tak sedap yang menyengat.
5.      Melakukan vaksinasi dan pemberian vitamin
Yang terakhir, pemberian vaksin dan vitamin tidak boleh terlupakan. Pemberian vaksin dan vitamin pada ayam bertujuan untuk menjauhkan ayam dari berbagai virus dan penyakit yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang dan produktivitas telur mereka.
Telur memang merupakan obyek bisnis yang menjanjikan dan mendatangkan keuntungan berlimpah. Menjalankan bisnis telur termasuk menjadi peternak telur tentu membutuhkan strategi dan cara yang tepat agar bisnis tersebut berjalan dengan lancar. Beberapa tips dan cara ternak telur ayam negeri di atas semoga dapat menginspirasi yang hendak membuka atau hendak mengembangkan bisnis ternak ayam ras.

« PREV
NEXT »

Tidak ada komentar

Posting Komentar